NEWS UPDATE :  

Berita Spenda

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dilaksanakan oleh SMP Negeri 2 Tanjungpandan pada 26 September 2022 s.d. 7 Oktober 2022. P5 sendiri merupakan pendorong peserta didik sebagai pelajar yang baik, jujur, dan berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tema yang diangkat untuk projek pertama adalah Gaya Hidup Berkelanjutan ”Sampahku Tanggung Jawabku”.

“P5 ini hanya diikuti oleh siswa kelas 7 dikarenakan bagian dari kurikulum merdeka,” ujar Ibu Hepiandes selaku ketua projek. Di SMP Negeri 2 Tanjungpandan sendiri baru kelas 7 yang menerapkan kurikulum tersebut. Projek ini membutuhkan waktu 10 hari. Dalam kegiatan P5, setiap kelas 7 terbagi menjadi 4 kelompok yaitu poster, pembuatan video, pembuatan pupuk, dan daur ulang.

Poster sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu digital dan manual. Meskipun teknik pengerjaan berbeda, unsur posternya adalah gambar dan tulisan yang menyampaikan informasi kepada khalayak. Sedangkan kegiatan daur ulang yang bertujuan melatih kemandirian, motorik, dan daya kritis dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang bernilai jual dan dapat digunakan kembali. Kemudian ada kegiatan mengolah limbah organik menjadi pupuk padat dan cair yang manfaatnya dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tak lupa ada tim video yang mendokumentasikan seluruh kegiatan P5 ini.

Kegiatan P5 tentunya akan terekam dalam rapor projek yang berisi penilaian saat siswa melakukan projek tersebut. Rapor P5 berbeda dengan rapot kurikulum biasa karena dalam rapor P5 bukan berupa angka tetapi nilai BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), SB (Sudah Berkembang). Penilain tersebut juga disesuaikan dengan dimensi pada saat P5 seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maga Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, berkebinekaan global, bergotongroyong, dan kreatif.  


Reporter: Tim Jurnalistik Spenda (Brilliant, Celia, Given, Vicky, Kiara, Rara, Aqilla)

Editor: Nurlovi Lestari, S.Pd. 

Kontak
Alamat :

Jalan Kapten Saridin No.07 Tanjungpandan

Telepon :

(0719) 22770

Email :

smpn2tjn@gmail.com, info@smpn2tanjungpandan.sch.id

Website :

http://smpn2tanjungpandan.sch.id/

Media Sosial :
PPDB ONLINE
PENGUMUMAN UN